Jalan Raya Pos Anyer - Banyuwangi - Red-XcodeZ

Wednesday 19 April 2017

Jalan Raya Pos Anyer - Banyuwangi

Gambar Peta Jalan Raya POS Anyer - Banyuwangi


Pada awalnya, Jalan raya POS Daendels bermula dari Anyer dan berakhir di Panarukan (Jawa Timur), namun kemudian diperpanjang hingga ke Banyuwangi. Pada Tahun 1811 pembangunan jalan Tahap Ke dua ini sampai ke banyuwangi.Titik akhir jalan di Ujung Timur sebenarnya bukan Panarukan,tapi berujung di banyuwangi di sekitar daerah Kali tikus [ Bajulmati ] dan tidak dibangun hingga kota Banyuwangi.Tidak diteruskan jalan itu,Karena sifat orang Blambangan yang masih terus memberontak seperti terjadi di Bondowoso dan Pasuruan.
Dikutip dari Buku Dephub Ditjen Pos dan Telekomunikasi,1980, Di Asembagus terdapat stasiun pos terakhir.Dari sini terdapat jalan orang selebar 2 meter menyusur hutan lebat sejajar Selat Bali hingga di kali Tikus [sekitar Bajulmati] Banyuwangi.Rute jalan raya pos yang panjangnya 700 mile dari Batavia ke Kalitikus Banyuwangi ini dibangun Atas perintah Gubernur Jenderal Daendels dibuatlah Jalan Raya Pos (jalan kerikil) pada tahun 1809 yang dapat diselesaikan selama satu tahun.
Jalan ini terbentang sepanjang pantai Utara Jawa dari barat sampai ke Timur yang dapat dilalui oleh cikarpos dan cikar-cikar besar yang beroda tinggi. Di sepanjang jalan ini didirikan secara teratur stasion-stasion dan kandang kuda pada jarak-jarak tertentu dan dipelihara baik-baik oleh pemerintah, telah menelan korban manusia yang tidak sedikit.
Di Keresidenan Besuki jalan pos bermula dari stasion Banyunget menjurus dari barat ke timur Panarukan terus ke Asembagus dimana Jalan Raya Pos berakhir berakhir dengan stasion pos yang terakhir, karena dari jalan desa Sumberwaru yang menuju timur merupakan jalan yang sempit yang tak mungkin dilalui kendaraan.
Dari stasion ke arah tenggara, selanjutnya terdapat jalan orang selebar dua meter yang licin menuju hutan lebat. Jalan ini menuju ke pantai timur Jawa dan terus menyusur sejajar dengan Selat Bali hingga Kali Tikus,Banyuwangi. Di daerah ini tidak terdapat stasion pos.
Setelah Akhir Masa Gubenur Daendels Tahun 1811. Di lanjutkan oleh Pemerintahan Inggris & Belanda Hingga sampai Banyuwangi dan Sekitar Tahun 1887 Titik Ujung Jalan raya Pos hingga Ke Rogojampi di sekitar Kantor Pos.

Don't forget to share my article to your friends :)

Give your opinion about this article